Spread the love

Jantung Bengkak |Penyebab, Gejala dan Perawatannya

Penyakit Yang sering sekali menjadi keluhan terutama di masyarakat indonesia yaitu jantung bengak, Adanya penyakit Pada jantung ini membuat kita sangat khawatir betapa pentingnya peranan jantung dalam tubuh manusia.

Bila jantung tersebut sakit maka kinerja tidak bisa optimal / maksimal bahkan bisa menyebabkan kematian bagi manusia.Kita harus waspada bila mengalami kejadian jantung bengkak.Segera periksakan ke dokter supaya ada penanganan dan pengobatan secera tepat dan mendapatkan keterangan pengobatan yang bisa di lakukan untuk menyembuhkan penyakit jantung bengkak.

Fungsi Organ Jantung Yaitu memompa darah ke seluruh tubuh , darah akan di edarkan dengan membawa sari makanan dan oksigen yang nantinya di guanakan untuk tubuh. Bila jantung tidak dapat melakukan fungsinya dengan baik maka kita bahwa peredaran darah menjadi tidak lancar sehingga menghambat proses pereddaran darah dan oksigen. Hal ini dapat memerikan dampak pada tubuh kita.

Jantung Bengkak atau di sebut juga Kardiomega, penyakit ini mempengaruhi ukuran jantung yang makin membesar. Organ jantung yang berada dalam tubuh membuat kita tidak mengetahui ukuran jantung kita sendiri . bagaimana mengetahui ukuran Jantung diri sendiri yang berada dalam tubuh ? Caranya mudah tinggal lihat saja genggaman telapak tangan kira kira segitulah ukuran jantung dalam tubuh kita.

Bobot jantung pada lai laki dan perempuan berbeda , biasanya bobot jantung pada laki laki sekiat 280 sd 340 gr , sedangkan jantung pada perempuan jantungnya berbobot sekitar 230 hingga sampei 280 gr . Kecepatan detakan jantung sangat cepat bisa mencapai 100000 x setiap harinya.

Apa itu Jantung Bengkak dan Bagaimana Penyebabnya ?

Jantung bengkak merupakan gangguan yang dapat menyebabkan perubahan ukuran organ jantung semakin besar. Biasanya pembekakan terjadi melebihi ukuran jantung yang sebenanrnya.

Bila kita ingin mengetahui bahwa jantung bengkak atau tidak maka harus melalui pemeriksaan terlebih dahulu . Kita bisa melakukan pemeriksaan terhadap dokter , kemudian pihak dokter akan melakukan ronsen dada, bila terjadi pembekakan maka akan terlihat jelas pada hasil ronsennnya.

Mengapa bisa terjadi jantung bengkak ?

Hal itu bisa di sebebakan karena beberapa faktor , sebenarnya ada dua faktor yang menyebebkan terjadinya penyakit jantung bengkak. Pertama yaitu di karenakan longgarnya otot jantung yang menyebabkan volume bilik organ jantung membesar kondisi yang terjadi seperti ini biasa di sebut dengan kardiomegalidilatas.

Kedua dinding jantung yang berada di sebelah kiri dan kanan makin tipis dan renggang sehingga menyebabkan jantung menjadi besar.

Faktor kedua di sebabkan karena adanya penebalan pada otot jantung kondisi ini biasa di sebut dengan hipertrofi. Ciri dari otot jantung yang mengalami penebalan hipertrofi adalah pada ventrikel kirinya lebih besar dan ventrikel kiri itu dpat mempengaruhi ruangan pada jantung lainnya.

Jantung yang bengkak dapat melaukan tugas dan fungsinya namun hanya saja fungsinya tidak seperti pada jantung yang normal . Pada awal terjadinya Jantung Bengkak maka jantung akan memompa darah seperti biasanya . namun bila pembekakan semakin besar.

Jantung akan mengalami kesulitan dalam memompa darah sehingga kemapuan darah dalam jantung bisa menurun pada akhirnya akan menurunkan kemampuan tersebut maka terjadilah gagal Jantung.

Gejala Yang Di Timbulakn Oleh jantung Bengkak

Kapan biasanya kita mengetahui terkena penyakit jantung Bengkak ? pada ulasan di atas bahwa penyakit jantung bengkak dapat di ketahui melalui ronsen dada saja, oleh karena itu kita masih belum mengetahui terjadinya penyakit jantung bengkak tersebut.

Sekarang kita bisa menganalisa penyakit ini akan menyebebkan penurunan fungsi jantung sehingga kesimpulannya dalam penuruan fungsi tersebut kita dapat mengetahui perubahan pada diri kita sendiri

Perubahan yang ada dalam diri kita tersebut merupakan salah satu ciri atau gejala yang di timbulkan oleh jantung yang bengkak . Beriku ini merupakan gejala dari jantung yang bengkak yang harus di ketahui oleh anda :

  1. Kaki Menjadi bengkak
  2. Sering Merasa Lelah
  3. Berat Badan terus bertambah karena terjadi pembengkakan
  4. Terdapat nyeri pada bagian dada
  5. Palpitasi meningkat

Gejala yang di sebutkan di atas secara jelas ketika kita meraskannya , bila kita telah merasakan gejala tersebut maka segera pergi memeriksakan ke dokter sehingga ad apemeriksaan lebih lanjut tergantung apakah benar anda sedang mengidap penyakit pembekakan jantung.

Buktinya bisa dilihat langsung pada hasil pemeriksaan yang telah di lakukan oleh dokter , biasanya pihak dokter akan menjelaskan secara detail bila terjadi adanya jantung bengkak.

Penyakit yang Menyebabkan Jantung Bengkak

Ternyata jantung bengkak juga dapat di sebabkan oleh penyakit lainnya, jadi tidak secara tiba tiba kita terkena serangan jantung bengkak , bila suatu penyakit dapat mempengaruhi penyakit lainnya maka kita harus selalu tetap wapada.

Harus selalu pintar dalam menjaga kesehatan tubuh , supaya tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit tersebut. Upaya menjaga kesehatan tubuh bisa di lakukan dengan mengetahui terlebih dahulu penyebab penyakit jantung bengkak , dari mengetahui maka kita dapat memahami juga cara menghindarinya.

Berikut ini merupakan penyakit yang menyebabkan jantung bengkak.

Tekanan Darah Tinggi

Para penderita tekana darah tinggi akan mengalami pembesaran pada jantung. Hipertensi merupakan penyakit darah tinggi , tekan darah yang tinggi dapat memaksa jantung untuk bekerja lebih keras lagi , misalkan dengan memompa darah ke seluruh tubuh sehingga otot jantung makin besar.Biasanya penebalan terjadi pada bagian ventrikel kiri dan atrium.

Gangguan Katup Jantung

Katup Jnatung berpungsi untuk mencegah aliran darah kembali lagi ke jantung , jumlah katup ada 4 bila 4 di antaranya ada yang rusak maka dapat menyebebkan pembengkakan pada organ tersebut.

Anemia

Anemia merupakan penyakit kekurangan darah merah , jadi poenyakit ini tidak menyebebkan jumlah darah merah tidak sesuai dengan jumlah biasanya .

Perawatan Penderita Jantung Bengkak

Solusi perawatan jantung Bengkak yaiu dengan melakukan perawatan untuk penderita jantung bengkak, bila penyakit masih dini dan tidak terlalu besar pembengkakakannya maka dapat di lakukan perawtan sendiri . Dokter menyarankan bahwa penderita hrus menerapkan gaya hidup sehat supaya dapat memperbaiki kondisi tubuh suoaya penyakit tidak semakin parah.

  1. Tidak merokok
  2. istirahat cukup
  3. Jangan sering melakukan begadang
  4. Rutin melakukan olahraga
  5. Menghindari minuman kafein , alkohol dan lainnya
  6. menjaga tekan darah agar tidak naik dengan mengatur makan yang di makan.
  7. jangan mengkonsumsi garam yang berlebihan

Bagaiman kalau penyakit jantung bengkak semakin parah ?

Kita bisa melakukan perawatan yang di berikan dokter secara langsung . Biasanya dokter melakukan perawatan dengan memberikan obat yang bisa menurunkan pembengkakan jantung.

Berikut ini merupakan perawatan obat jantung bengkak yang dapat di lakukan :

  1. ARB
    Angiostensin reseptor blocker)https://en.wikipedia.org/wiki/Angiotensin_II_receptor_blocker
  2. Diuretik
  3. ACE Inhibitor ( Angiostensi Converting Enzyme
  4. Antikoagulan
  5. Digoxin
  6. Beta Blockers