Maxidoid

Iridoids : Komponen penting dari tumbuhan obat 

Morinda citrifolia mengandung banyak senyawa yang telah terbukti memiliki manfaat bagi kesehatan yang paling terkemuka adalah kandungan senyawa bioaktif penting yang disebut sebagai Iridoids.

iridoids adalah suatu golongan dari monoterpens yang terlibat dalam biosintesis alkaloid . Ditemukan dalam berbagai tanaman obat – termasuk beberapa tanaman obat dari China yang telah terbukti khasiatnya – iridoids memiliki aktivitas terapeutik yang luas , termasuk untuk kardiovaskuler, kliretik,penurunan gula darah ,penghilang nyeri , anti radang , anti tumor, anti virus dan kemampuan imunomodulator

Tumbuh – tumbuhan  memproduksi irifoid terutama sebagai suatu pertahanan terhadap infeksi oleh patogen dan juga dari herbivora , dengan menghasilkan rasa pahit.

Iridoid tidak umum di jumpai dalam buah buahan . Faktanya buah Noni merupakan satu dari sedikit buah dimana terdapat iridoids bukanlah flavanoids maupun karotenoid dan mereka secara ekstrim stabil terhadap panas maupun waktu . Kandungan iridoids Noni telah menunjukkan daya tahan potensi dan bioaktifitasnya setelah pengolahan pasteurisasi dan penyimpanan nya.

Telah dikatakan bahwa iridoids ditemukan pada beberapa tumbuhan obat-obatan obatan dari China yang populer . Yang menarik ,Morinda citrifolia menunjukan kadar iridoids yang sangat tinggi dibandingkan dengan banyak tumbuhan obat.

Dalam berbagai jurnal penelitian yang terpublikasi , bioaktif iridoids bermanfaat :

#perlindungan syaraf,

#anti tumor

#anti radang anti oksidan

#manfaat kardiovaskuler

#perlindungan hati

#penurunsn gula darah

#anti demam

#obat batuk

#penyembuhan luka

#anti mulas

#anti virus

#anti mikroba

#imuno modulator

#anti alergi

#anti parasit

#pereda nyeri

#penurunan tekanan darah